Industrial Green Generation, Let’s Action !

Author: Khansa Atikah

Setelah sukses dengan i-SAT dan Baksos, kini jurusan Teknik Industri Universitas Syiah Kuala kembali menggelar acara bertemakan peduli lingkungan yakni “Industrial Green Generation”. Acara yang digagas oleh Sahabat TI leting 2013 ini berlangsung dari pagi hingga petang pada hari Minggu, 2 Maret 2014 dan bertempatkan di Pantai Cemara, Pulau Kapok nan indah tak terjamah, Banda Aceh.

Kecintaan pada alam dan lingkungan merupakan tujuan utama acara yang diketuai oleh M. Naufal Mahardika (leting 2013) tersebut. Melalui aksi tanam pohon, diharapkan dapat membangun jiwa yang penuh dangan rasa peduli terhadap alam dan lingkungan. Generasi muda sebaiknya tidak hanya menikmati keindahan alam saja, namun juga harus mampu menjaga dan melestarikannya.

Terlihat leting 2011 dan 2012 turut hadir meramaikan acara. Penanaman pohon cemara dilakukan sekitar pukul 11.00 wib di bibir pantai dengan membentuk kelompok-kelompok. Hal ini dilakukan untuk mencegah bencana sekaligus membina kekompakan antarleting. Seperti yang dikatakan sang Ketua Acara, “Industrial Green Generation ini bertujuan untuk melestarikan alam dan mencegah terjadinya bencana dengan aksi penanaman pohon cemara di pinggir pantai. Selain itu juga diharapkan mampu mempererat tali silaturrahmi dan kekompakan kita sesama mahasiswa Teknik Industri”.

Acara yang dibalut keceriaan ini juga memberikan kesempatan bagi semua leting yang turut berpartisipasi untuk sejenak melepas penat dari berbagai kesibukan mahasiswa yang merekat erat. Terdapat beberapa permainan seperti three legs legend, tarik tambang, serta futsal pantai yang menambah keseruan di tengah acara.

Mendung yang mendominasi sejak siang dan mulai menumpahkan hujan di sore harinya tidak menjadi hambatan berlangsungnya acara tersebut. Ketua HMTI, Zulfan Helmi sempat bertutur, “Acara ini sudah cukup baik, tentunya sangat menarik karena dihadiri juga oleh 2011 dan 2012.”

Meski demikian, acara yang terbilang sederhana ini cukup sukses membuat sang Ketua HMTI terharu walaupun sempat terpancing emosi ketika panitia memainkan skenario kecil dan memberikan kejutan di akhir acara sebagai apresiasi mengenang ketua pertama HMTI Unsyiah yang tak lama lagi akan berganti wajah baru. Tetap kompak bagi semua sahabat TI Unsyiah. Be care, and let’s action, King !