Kenali Kebakaran Hutan Sejak Dini

Tri Asih Wulandari sedang memaparkan materi tentang mitigasi bencana kebakaran hutan
Penulis: Zulfan Helmi, Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Unsyiah masa bakti 2012/2013

Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Mengenai bencana tersebut, mahasiswa Teknik Industri Unsyiah yang diprakarsai oleh Mulya Mutawaqqil, Candra, Tri Asih Wulandari, dan Cut Masyitah Maydini berupaya meningkatkan kapasitas manajemen penanggulangaan bencana yang lebih dikhususkan bagi siswa SD.

Terbukti pada tanggal 3 Januari 2014 sosialisasi penanggulangan bencana dilaksanakan di SDNegeri 55 Banda Aceh, Jl. Tgk. Mata Ie Ds. Pineung.

Mengangkat potensi bencana kebakaran hutan yang terjadi pada musim kemarau yang menimpa wilayah Aceh Tengah dan sekitarnya sejak beberapa bulan lalu, sangat berpotensi menyulut terjadinya bencana kebakaran. Wilayah Linge merupakan wilayah yang memiliki lahan hutan dan semak sangat luas di Kabupaten Aceh Tengah, namun dengan kondisi musim kemarau lahan seperti ini sangat rawan terhadap bencana kebakaran lahan, ditambah lagi adanya kebiasaan masyarakat yang sengaja membakar lahan ladang atau lahan penggembalaan mereka dengan tujuan meremajakan rumput pakan ternak.

Beranjak dari permasalahan disekitar, ini adalah salah satu tindakan langsung turun tangan kesiswa SD agar mereka memahami bahwa Aceh selain berpotensi tsunami juga berpotensi mengalami kebakaran hutan.

Selama sosialisasi berlangsung, antusiasme dari siswa-siswa SD sangat terasa. Ditambah lagi bagi siapa yang aktif dalam presentasi maupun games yang diakan, akan mendapatkan souvenir.

HMTI Unsyiah akan terus mendukung kegiatan positif seperti ini. Ngomongin tentang kebakaran hutan gak anak pertanian ataupun kehutanan, teknik juga bisa kok!!!