Bangun Solidaritas dalam Momentum Idul Adha





IDUL  ADHA ialah salah satu hari penting dalam Islam. Selain berkewajiban menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah, umat Islam yang tidak menunaikan ibadah haji dianjurkan untuk berqurban dengan menyembelih hewan-hewan peliharaan terbaik dan dagingnya dibagi-bagikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan, terutama dari kelompok yang kurang mampu.

Momen Idul Adha sangat penting untuk menguatkan dan meningkatkan solidaritas antar sesama manusia. Agama Islam menganjurkan kita untuk peduli serta peka terhadap sosial, bahkan dalam kondisi tertentu menjadi kewajiban seperti zakat. Berbeda dengan zakat, menyembelih hewan qurban ialah anjuran yang sangat kuat demi memperkuat rasa peduli orang-orang kaya terhadap orang miskin.

Begitu pentingnya solidaritas saat Idul Adha, sehingga takkala kita sedang menimba ilmu atau sudah menuntaskan kuliah dan memiliki penghasilan agar membiasakan diri untuk berqurban. Membiasakan berbagi maka hidup ini semakin berkualitas karena kita sudah dapat mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah.
Mari kita dorong agar orang-orang yang berasa senatiasa rela berbagi kebahagian dengan saudara-saudaranya yang belum beruntung!

Badan Pelaksana HMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Industri) mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1433 H, Minal Aidin wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir & Batin.(zh/idh)