Rizqina and Hudaya Wins Engineering English Debate Competition, Proceeds to University Level

Perwakilan Teknik Industri Unsyiah
            Divisi Penelitian dan Pengembangan BEM FT Unsyiah masa bakti 2013-2014, Senin (25/3), mengadakan acara debat bahasa Inggris yang diberi nama Engineering English Debate Competition. Acara ini dimaksudkan untuk mengasah dan mengadu kemampuan dalam berdebat atau beradu argumen menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, menurut Muharizal,  selaku ketua pelaksana, acara ini dilaksanakan untuk mengasah kepekaan sosial dari mahasiswa. Tema debat ini  adalah "Bahasa Inggris Sebagai Jembatan Kesuksesan Engineer" . 
          Debat bahasa Inggris di kampus para raja merupakan program tahunan yang memang selalu menarik minat mahasiswa untuk mengikutinya. Pada kesempatan kali ini, dua tim mewakili Jurusan Teknik Industri Unsyiah. Industrial Engineering A beranggotakan Zulfan Helmi dan Raihan Dara Lufika serta Industrial Engineering B beranggotakan Hudaya Thariq dan Rizqina Rosma.
          Debat berlangsung sangat menarik, Points of Information (POI) silih berganti diutarakan oleh masing-masing kubu. Sebelumnya, debat yang menarik juga dipersembahkan oleh tim Civil Engineering A dan Mechanical Engineering yang mana memberi tiket kepada Civil Engineering untuk menuju semifinal. Kedua tim yang mewakili Jurusan Teknik Industri Unsyiah sama-sama melangkah ke semifinal. Namun, Industrial Engineering A terhenti langkahnya dikalahkan oleh Chemical Engineering saat berdebat tentang mosi “THBT public speaking capability related to career position”.
Our Winner and Best Speaker
          Industrial Engineering B tampil apik sehingga dapat mengalahkan Civil Engineering A dan berhak untuk menuju final bersama Chemical Engineering. Tentu setiap peserta ingin menjadi pemenang. Saling adu argumen berdebat tentang mosi “THBT public services are best run by private company” ditambah pertanyaan dari setiap juri menghadirkan suasana sengit, kedua tim berlomba untuk meyakinkan tim mereka yang lebih berhak menjadi pemenang. Setelah juri berdiskusi panjang, juri mengumumkan bahwa Juara 1 untuk Engineering English Debate Competition tahun ini jatuh kepada Industrial Engineering B. Tak hanya tim terbaik, Rizqina Rosma terpilih sebagai “best speaker” dan itu menjadi suatu pencapaian luar biasa dari Sahabat TI. (ind/zh)
Brainstorming